HATI-HATI MELAKUKAN PERENGGANGAN SAAT SEBELUM OLAHRAGA| Justru Bisa Menyebabkan Otot-Otot Mengencang.

Tuesday

Cara Tepat Berjualan Online dan Beromset Ratusan Juta Per Bulan!
AKHIRNYA SAYA BERHENTI KERJA!


HATI-HATI MELAKUKAN PERENGGANGAN SAAT SEBELUM OLAHRAGA|  Justru Bisa Menyebabkan Otot-Otot Mengencang. Melakukan peregangan adalah rutinitas wajib yang banyak dilakukan banyak orang. Padahal, teknik ini sebetulnya kurang tepat. Para pakar kebugaran kini yakin peregangan sebelum olahraga bukan hanya tidak efektif tapi juga bisa menyebabkan cedera. Lihat INI DIA KEUNGGULAN NUTRISI YANG DISERTAI MITOS ES KIRIM|  Lebih Dari 100.000 Jenis Molekul Yang Terkandung Di Dalam Susu. dan INI DIA MAKANAN PENYEBAB ORANG TERSERANG SAKIT KEPALA| Salah Satunya Terjadinya Perubahan Pola Makan Secara Tiba-Tiba.


Peregangan ringan, seperti memutar pinggang atau menyentuh jari kaki, ternyata justru bisa menyebabkan otot-otot mengencang. Padahal yang kita perlukan untuk berolahraga adalah otot yang rileks.

Para pakar menyebut peregangan semacam itu seperti memanjangkan karet sampai maksimal. Akibatnya otot malah tertarik.

"Selama ini kita melakukan peregangan statis pada saat yang tidak tepat," kata Kieran O'Sullivan, pakar olahraga dari University of Limerick, Irlandia, yang telah melakukan penelitian terhadap berbagai jenis peregangan dan dampaknya pada atlet.

Dia menjelaskan, jika kita melakukan peregangan sebelum olahraga, maka tubuh akan berpikir hal itu akan menimbulkan risiko tarikan yang berlebihan. Akibatnya tubuh akan melakukan kompensasi dengan melakukan pemendekan dan menjadi lebih tegang. Ini berarti kita justru tidak bisa fleksibel dalam bergerak sehingga lebih rawan cedera.

Peregangan memang membantu fleksibilitas, tetapi jika dilakukan tidak untuk olahraga, misalnya pada sore hari atau setelah olahraga. "Sama halnya seperti olahraga angkat beban agar otot kuat. Tentu Anda tak akan melakukannya sebelum olahraga," katanya.

Teori O'Sullivan itu diperkuat dengan beberapa penelitian ilmiah yang menyatakan pemanasan statis sebelum berolahraga justru menyebabkan tubuh menjadi lambat dan lemah.

Karena itu sebagai pengganti peregangan, para ahli merekomendasikan untuk melakukan pemanasan dengan cara lari santai selama beberapa menit atau melakukan beberapa kali tendangan sebelum bermain bola, atau melakukan servis sebelum main tenis.

Pemanasan ringan itu akan membantu meningkatkan detak jantung dan aliran darah ke otot sehingga temperatur tubuh menghangat. Dengan cara ini kita bisa mencapai gerakan maksimal namun dengan cara terkontrol.
Kompas.com

HATI-HATI MELAKUKAN PERENGGANGAN SAAT SEBELUM OLAHRAGA|  Justru Bisa Menyebabkan Otot-Otot Mengencang. Tips Jaga Kesehatan Tubuh. Bahaya Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga. Cara Melakukan Pemanasan Yang Tepat Sebelum Olahraga.
Baju Muslim Murah Berkualitas
Get paid To Promote at any Location

Read more...

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP