KRAKATAU TETAP MENJADI GUNUNG API YANG MEMILIKI PESONA NOMOR WAHID DI INDONESIA.

Tuesday

Cara Tepat Berjualan Online dan Beromset Ratusan Juta Per Bulan!
AKHIRNYA SAYA BERHENTI KERJA!


KRAKATAU TETAP MENJADI GUNUNG API YANG MEMILIKI PESONA NOMOR WAHID  DI INDONESIA. Gunung Krakatau barangkali merupakan gunung api Indonesia terpopuler di dunia. Bibliografi yang dibuat Brodie dan Kusumadinata pada 1982 mencatat 1.083 karangan telah dibuat terkait letusan Krakatau. Hingga kini, publikasi tentang Krakatau terus berlangsung, terutama karena Anak Krakatau yang tumbuh cepat dan sangat aktif. Lihat MENARA KEMBAR WTC AKAN DI BANGUN KORSEL|  Rincian Gedung Yang Cukup Unik Itu Menimbulkan Pro Dan Kontra Yang Cukup Ramai. dan CHELSEA KEMBALI TUNJUKAN TARING SETELAH TAKLUKAN CITY 2-1| , City Yang Bermain Sepuluh Orang Semenjak Menit Ke-58.


Krakatau mendapatkan reputasinya terutama karena letusannya yang hebat pada 1883. Selain juga karena saat itu dunia baru saja menemukan alat komunikasi telegram sehingga kabar tentang letusan Krakatau dengan cepat tersebar dan menjadi berita hangat di berbagai koran dunia.

Tak hanya dikaji secara ilmiah, Krakatau juga menjadi sumber inspirasi karya sastra (kebanyakan ditulis orang Eropa), lukis, hingga film. Suryadi dalam pengantar bukunya, Syair Lampung Karam (2009), menyebut beberapa sastrawan Eropa yang terinspirasi Krakatau dalam karyanya seperti Ballantyne (1889), Raabe (1930), MacLean (1958), Furneaux (1964), Jacquemard (1969), dan Avalone (1969).

Adapun beberapa film yang terinspirasi Krakatau di antaranya dibuat oleh Teaching Film Custondians (1933), Twentieth Century-Fox, Joe Rock Productions (1966). Belakangan ada juga film Krakatoa East of Java yang diproduksi American Broadcasting Companies Inc, dan juga film drama dokumenter yang diproduksi kantor berita Inggris, BBC, berjudul Krakatoa The Last Days (2006). National Geographic dan beberapa stasiun televisi asing juga berkali-kali membuat film dokumenter soal Krakatau.

Dibandingkan karya orang luar, karya ilmiah, sastra, ataupun film yang dibuat masyarakat Nusantara nyaris tidak ada. Kitab Raja Purwa yang dibuat Ronggowarsito pada 1869 merupakan yang tertua yang mengisahkan Gunung Krakatau, yang dalam bukunya disebut Gunung Kapi.

Belakangan, ditemukan kembali Syair Lampung Karam, yaitu kesaksian pribumi soal letusan Krakatau pada 1883 yang ditulis dalam bahasa Melayu dan beraksara Arab. Suryadi, pengajar di Universitas Leiden, Belanda, menemukan syair ini dalam tumpukan arsip di kampusnya. Lelaki asal Sumatera Barat ini kemudian mengalihaksarakan dan menerbitkannya pada 2009. Dia menyebut catatan ini sebagai salah satu kesaksian pribumi yang paling awal dan penting, tetapi kerap dilewatkan.
Kompas.com

KRAKATAU TETAP MENJADI GUNUNG API YANG MEMILIKI PESONA NOMOR WAHID  DI INDONESIA. Foto-Foto Pesona Keindahan Bawah Laut Krakatau. Sejarah Meletusnya Gunung Krakatau Tahun 1883. Letak Gunung Krakatau Indonesia.
Baju Muslim Murah Berkualitas
Get paid To Promote at any Location

Read more...

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP