PEMBANTAIAN BESAR-BESARAN ORANG UTAN DI KALIMANTAN| Akibatnya Populasi Satwa Ini Mengalami Penurunan Sangat Drastis Yang Hanya Digunakan Untuk Konsumsi Semata

Saturday

Cara Tepat Berjualan Online dan Beromset Ratusan Juta Per Bulan!
AKHIRNYA SAYA BERHENTI KERJA!


PEMBANTAIAN BESAR-BESARAN ORANG UTAN DI KALIMANTAN| Akibatnya Populasi Satwa Ini Mengalami Penurunan Sangat Drastis Yang Hanya Digunakan Untuk  Konsumsi Semata.  Studi 18 lembaga swadaya masyarakat yang dikoordinasi The Nature Conservancy (TNC) mengungkapkan, pembunuhan orangutan masih terus berlangsung meski orangutan termasuk kategori satwa yang terancam punah. Berdasarkan laporan pembunuhan oleh responden, sebanyak 691 orangutan telah dibunuh. Pembunuhan orangutan sendiri dilatarbelakangi oleh konsumsi (54 persen) dan sisanya untuk kepentingan pengobatan tradisional, pengambilan anak untuk piaraan, dan perdagangan. Lihat 9 MANFAAT BAGI TUBUH KITA SAAT MENARIK NAFAS PANJANG| Manfaat  Yang KIta Dapat Ketika Menarik Nafas, Menarik Nafas Dapat Menghilangkan Stres dan KOMODO MASUK 5 BESAR New7Wondres SEMENTARA, Dengan Selisih Yang Sangat Tipis Komodo Bisa Saja Terpental.

 Yang memprihatinkan, sebagian besar yakni 67 persen responden pelaku pembunuhan mengetahui bahwa orangutan merupakan satwa yang dilindungi undang-undang negara. Sementara 23 persen responden mengetahui bahwa orangutan dilindungi hukum adat.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, peneliti yang terlibat melakukan wawancara pada 6.972 responden yang tersebar di 698 desa wilayah kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Studi dilakukan selama 15 bulan mulai April 2008 hingga September 2009.

Fakta menarik dari penelitian tersebut adalah konflik antara manusia dan orangutan serta dampaknya. Konflik diartikan sebagai gangguan yang diterima manusia ketika orangutan masuk ke ladang, mengambil makan dan menjadi "hama".

Niel Mirkanuddin, Project Manager TNC Kalimantan, menguraikan, di antara semua responden yang diwawancarai, sebanyak 42 persen pernah berjumpa dengan orangutan. Waktu perjumpaan dengan orangutan lebih dari setahun lampau dan lokasinya di sekitar hutan.

Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 15 persen responden yang pernah menjumpai mengatakan bahwa konflik dengan orangutan pernah terjadi. Sebanyak 47 persen di antaranya melaporkan, konflik jarang terjadi, sementara 33 persen menyatakan konflik sering terjadi.

Wilayah yang paling sering terjadi konflik adalah Kalimantan Timur. Wilayah konflik umumnya berdekatan dengan perkebunan kelapa sawit, sawah, dan hutan tanaman industri. Dari terjadinya konflik, hanya 5 persen responden yang mengatakan berusaha membunuh orangutan.

Istilah pembunuhan merujuk pada kematian orangutan akibat aktivitas manusia. Peristiwa pembunuhan terjadi dalam kurun waktu lima tahun lalu.

Provinsi Kalimantan Tengah merupakan wilayah dengan pembunuhan orangutan tertinggi. Secara keseluruhan, sebanyak 4,9 persen responden mengaku pernah membunuh orangutan. Dari 687 desa yang disurvei, sebanyak 145 di antaranya paling tidak memiliki satu warga yang pernah membunuh.

"Lokasi kematian umumnya terjadi di dataran rendah, tempat kepentingan manusia dan orangutan bertemu. Kecenderungan kematian terkait dengan jarak dari kebun kelapa sawit," kata Niel dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (2/11) lalu.

Motivasi pembunuhan terutama untuk konsumsi, kadang disebabkan tidak memiliki pilihan lain dalam berburu. Orangutan dikatakan bukan target utama. Niel mengatakan, "Penegakan hukum yang serius diperlukan sehingga bisa membuat efek jera. Kita lihat, sudah ada korban tetapi pelakunya belum tersentuh."

Sementara itu, Dr. Noviar Andayani dari Wildlife Conservation Society mengatakan, data hasil penelitian memang masih perlu dicermati. Namun, lebih dari soal angka hasil penelitian, ia mengatakan, "Sekarang saatnya mencari solusi sehingga orangutan bisa dilestarikan.kompas.com

PEMBANTAIAN BESAR-BESARAN ORANG UTAN DI KALIMANTAN, Akibatnya Populasi Satwa Ini Mengalami Penurunan Sangat Drastis Yang Hanya Digunakan Untuk Konsumsi Semata, Kalimantan Tempat Eksekusi Besar-besaran Orang Utan, Foto Pembantaian Orang Utan di Kalimantan, Video Pembantaian Orang Utan di Kalimantan, Youtube Pembantaian Orang Utan di Kalimantan, Penyebab Pembantaian Orang Utan di Kalimantan, Alasan Pembantaian Orang Utan di Kalimantan
Baju Muslim Murah Berkualitas
Get paid To Promote at any Location

Read more...

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2011-2012

Back to TOP